Monday, May 25, 2015

 KETAHANAN NASIONAL
(ALIRAN SESAT)


Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Dalam perjuangan mencapai cita-cita/tujuan nasionalnya bangsa Indonesia tidak terhindar dari berbagai ancaman-ancaman yang kadang-kadang membahayakan keselamatannya. Cara agar dapat menghadapi ancaman-ancaman tersebut, bangsa Indonesia harus memiliki kemampuan, keuletan, dan daya tahan yang dinamakan ketahanan nasional.

Ajaran atau aliran sesat, Heresi menurut Oxford English Dictionary, adalah "pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun, yang dianggap ortodoks atau ajaran yang benar. Dalam pengertian ini, ajaran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll., yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa."

Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)
Merdeka.com - Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar, sebelumnya dikenal dengan nama Komunitas Millah Abraham (Komar). Gerakan ini merupakan bentuk transformasi dari aliran Al-Qiyadah, yang didirikan pada 2006 oleh Ahmad Musadeq.

Gerakan mencampuradukkan ajaran Islam, Nasrani, dan Judaisme (Yahudi) ini awalnya berkembang di sejumlah wilayah Depok, terutama di wilayah Beji dan Cilodong. Kemudian pada 2010, ajaran ini mengubah nama menjadi Komunitas Millah Abraham (Komar).

Pengikut Komar umumnya adalah masyarakat biasa dan tidak terlihat mencolok. Berdasarkan penelusuran oleh pihak berwajib selama ini, kuat dugaan orang-orang berada dalam kondisi labil dan kesulitan ekonomi dapat dengan mudahnya dirayu bergabung ke dalam aliran sesat itu.

Gafatar dikatakan sesat karena menganggap orang lain yang belum disumpah oleh kelompok mereka adalah kafir. Dalam ajarannya, para pengikut Gafatar hanya melakukan salat malam, tanpa perlu melaksanakan salat lima waktu. Mereka juga tidak mewajibkan puasa Ramadhan, dan adanya perbedaan syahadat yang mereka sebutkan dalam pembai'atan.

Mereka kerap mengaku sebagai pengikut ajaran Nabi Ibrahim, sehingga mereka pun mencampuradukkan ajaran tiga agama samawi (Islam, Nasrani, Judaisme), dan menganggap semua ajaran agama itu sama.

ANALISA :
           
Mengapa Aliran Sesat Bisa Mengancam Ketahanan Nasional ?

Karena aliran sesat dapat merusak dasar moral dari suatu bangsa karena agama adalah dasar dari suatu moral dari individu ataupun kelompok. suatu individu atau kelompok takkan terjerumus dan terperangkap ke dalamnya apabila individu atau kelompok itu sendiri berpegang teguh dan erat kepada ajaran agamanya. akan tetapi juga harus ikut membasmi dan memberantas aliran-aliran sesat. Pemerintah pun harus berupaya turut membasmi dan memberantas aliran-aliran sesat agar kaum Muslim Indonesia tenang dalam ibadahnya. demikianlah penyebab aliran sesat mengancam ketahanan nasional.

Sumber :
http://ayipdidit10.blogspot.com/2015/05/ketahanan-nasional-pendidikan-kewiraan.html
https://khairulchaniago.wordpress.com/pengertian-arti-definisi-ketahanan-nasional-bangsa-negara-indonesia/
http://www.merdeka.com/peristiwa/aliran-aliran-ini-bikin-orang-islam-tak-salat-lima-waktu/gerakan-fajar-nusantara-gafatar.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Ajaran_sesat

0 comments:

Post a Comment